Jumat, 25 Januari 2013

Menulis Fic di Blog, Cara Nambah Visitornya Gimana?


Mimin mau berbagi cerita dulu ya~ Sebelum nulis di , mimin juga nulis di blog. Jadi mimin tau rasanya nulis di blog... /youdontsay/. Blog itu menurut mimin sendiri, lebih enak, bisa dicustom, dan lebih praktis. Kalo mau bikin cerita di kan harus pake word, nah kan harus buka komputer. Kalo nulis di blog kan tinggal tulis di memo hp, buka blogger, post, dan tadaa! Cerita kamu udah bisa dinikmati pembaca.

1. Buat interface yang menarik. Kadang-kadang, mimin suka dapet fic bagus di FFN, tapi mimin males bacanya. Kenapa? Karena interfacenya kurang menarik. Kalo FFNkan emang udah gak bisa diapa-apain lagi, ya udah. Tapi kalo blog bisa kita customize kan? Nah, coba tata biar menarik. Kalau perlu, mencerminkan diri kamu sendiri.

2. Gadget yang tertata. Kalo tampilan blognya acakadut, ga enak diliatnya juga. Ujung-ujungnya, orang males baca. Dan visitor berkurang.


3. Isi yang menarik. Iyalah. Ini vital banget untuk kelangsungan blog kamu. Tips dari mimin, tulis tentang hal yang kamu suka. Kenapa? Karena kamu bakal lebih menghayati /caelah/ apa yang kamu tulis, dan akhirnya bakal menghasilkan karya yang bagus.

4. Beri selingan. Misalnya, kasih lelucon-lelucon ringan gitu. Kayak mimin, biasanya nulis cerita detektif, tapi kadang-kadang mimin selingi dengan cerita lucu. Oh iya, tips ini gak berlaku untuk pengguna Adsense, soalnya Google lebih suka sama blog yang isinya artikel yang topiknya rata-rata sama.

5. Promosi. Ini juga cukup penting. Blog udah bagus, isinya udah keren, tapi kok nggak ada yang ngunjungin? Mungkin ini masalahnya. Coba promosiin ke temen-temen kamu lewat socmed. Dalam kasus ini , kalau kamu nulis fanfic, coba share linknya ke temen se-fandom. Mimin sih pake cara ini, berhasil kok! Malah bisa nambah temen baru! :D

Biar blogmu dikenal Google, Caranya, klik , lalu isi form yang disediakan. Maksudnya dikenal Google, kalau ada yang search blog kamu di Google, nanti muncul di paling atas! Contohnya gini nih:

fic mimin di blog uwu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar! Gunakan bahasa yang baik dan benar, dan jika ingin respon yang lebih cepat, mohon tanyakan ke Twitter saja (@SukaDukaAuthor). Terima kasih! ^^