Minggu, 06 Januari 2013

Hambatan Menulis dari Diri Sendiri (dan solusinya)

Pertama, "Menulis tentang apa?" Biasanya mimin pingin nulis fict tapi mimin nggak tahu mau nulis tentang apa. Gampangnya, ada keinginan tapi tujuannya belum jelas.

Nah, jawaban dari masalah ini sebenarnya sederhana; banyak membaca buku, majalah atau hal-hal menarik. Karena masalah pertama itu mengenai ide/gagasan untuk menulis. 'Kan kalau banyak baca buku/referensi atau semacemnya kalian bisa menemukan hal menarik untuk ditulis :)

Kedua, "Tulisanku nggak layak!" Nah, masalah ini juga sering menyerang author dan bikin author jadi rendah diri :(

Jawabannya juga sederhana; percaya diri. Layak atau tidaknya karya seseorang ditentukan oleh orang yang membacanya. Gimana kita mau tahu sejauh mana kemampuan kita kalau kita udah malu duluan buat ngeposting cerita. Intinya, berusahalah dan percaya diri! ;)

Ketiga, "Nantilah kalau aku udah bagus tulisannya, udah keren pokoknya."
Masalah ini juga sebenarnya menjadi masalah utama kita buat nulis :(

Banyak orang yang enggak pede saat memulai menulis. Supaya kita nggak kayak gini, terapkan saja jurus learning by process--belajar dengan mengerjakannya. Bisa dengan melihat contoh karya author favoritmu atau novelis lainnya. Bisa juga nanya-nanya ke temen/Googling :)

Keempat, malas melakukan editing. Nah, ini masalah yang bikin mimin malas update fict *eh /tidakuntukditiru/ *contoh yang salah*

Kalau misalkan kita menulis cerita tanpa diedit kembali, siapa tahu ada kesalahan, 'kan? Misalkan pengetikan nominal, nama ataupun plot atau typo yang terkadang terlihat sepele, tapi bisa menyebabkan plothole & terkadang membuat cerita jadi rusak (?) semacem kesalahan fatal.

Dengan mengoreksi secara cermat dan berulang-ulang membuat sebuah cerita minim kesalahan, bersih dan membuat readers bahagia /apaini/

Terakhir, nggak bakat. Banyak (banget) orang yang bilang dia nggak bakat nulis. Semua orang diciptakan sama, semua bisa nulis. Kalau kita berusaha, kita yakin kemampuan sendiri, kita pasti bisa menghasilkan karya yang nggak kalah dari Agatha Christie (amin) :PP

Yang terpenting adalah mau untuk berlatih menulis terus menerus. Menulis adalah proses pembelajaran. Lita mesti belajar dengan berlatih dan menambah wawasan dari waktu ke waktu. Semua butuh proses :)

Have a nice day, all! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar! Gunakan bahasa yang baik dan benar, dan jika ingin respon yang lebih cepat, mohon tanyakan ke Twitter saja (@SukaDukaAuthor). Terima kasih! ^^